Materi KPK memang sedikit sulit diajarkan kepada murid kelas IV, karena kerumitan nya dalam penghitungan maupun mengingat konsep yang ada.
Di sini saya mencoba menggunakan metode alam takambang, saya menggunakan media lantai kelas, kapur, dan penggaris.
Adapun soal yang saya berikan adalah sebagai berikut:
lampu merah dan hijau menyala bersama-sama pada detik pertama, kemudian lampu merah menyala setiap 6 detik kemudian mati, dan lampu hijau menyala setiap 9 detik kemudian mati. pada detik ke berapa kedua lampu akan kembali menyala bersama-sama?
saya memberikan petunjuk cara menjawab pertanyaan tersebut dengan cara sebagai berikut:
- membagi kelompok secara heterogen terdiri dari empat-lima anak
- tiap kelompok diberi kapur 1 batang
- tiap kelompok diberi wilayah lantai kekuasaannya masing-masing.
- kemudian saya menugaskan tiap kelompok untuk membuat 2 buah garis lurus dengan panjang yang sama
- garis 1 diberi label merah
- garis 2 diberi label hijau
- pada garis 1 tiap 6 cm diberi garis kecil sedangkan pada garis 2 tiap 9 cm dber garis.
- dimana garis-garis kecil itu yang sejajar, itulah jawaban dari pertanyaan mereka,
- sehingga mereka peroleh tiap 18 detik, kedua lampu akan menyala bersama-sama.
Kali ini saya tidak hanya menemukan bahwa anak didik saya mampu memahami konsep yang saya berikan, namun mereka juga dapat meningkatkan kerjasama diantara mereka, mereka juga bisa saling berbagi, contohnya saja berbagi kapur tulis agar pekerjaan mereka cepat selesai.
Kegiatan ini juga tidak membosankan. terlihat dari antusiasme mereka dalam kegiatan ini, semua bekerja, tidak ada yang berdiam diri. Dan pengaruhnya bagi saya, saya menikmati pembelajaran ini, karena bagi saya melihat anak didik saya dengan cepat dan tanggap dalam pembelajaran cukup menyenangkan.
Semoga pembelajaran saya kali ini dapat menjadi inspirasi bagi tenaga pengajar yang lain, yang ingin memanfaatkan media sederhana yang ada di sekitar kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar